Cara Mengatasi Stress dan Cara Menghilangkan Stress

Bagaimana cara mengatasi stress & cara menghilangkan stress ketika menghadapi masalah?

Cara menghilangkan stress – Setiap orang memiliki masalah yang berbeda dan punya cara untuk mencari sebuah solusi, meskipun setiap masalah ada jalan keluar namun dalam proses mencari sebuah jawaban kadang-kadang seseorang mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan seperti memikirkan sesuatu yang tak berujung pangkal, munculnya rasa panik yang berlebihan jika masalah blm terselesaikan dan segala macam pikiran dan perasaan yang akhirnya membuat kita stress dan paranoid

cara mengatasi stress dan cara menghilangkan stress

cara mengatasi stress dan cara menghilangkan stress

Stres dapat terjadi pada hampir semua tingkatan umur misalnya stress pada anak-anak yang masih belia, remaja, dewasa, setengah baya bahkan hingga orang yang sudah berumurpun dapat mengalaminya dan pada kenyataan stress sudah menjadi masalah utama bagi banyak orang baik di lingkungan pekerjaan karena banyaknya tekanan, tanggung jawab yg harus diterima dan masalah-masalah apapun yang tak seharusnya ataupun stress karena masalah rumah tangga entah itu karena hubungan yang kurang harmonis, masalah belanja rumah atau mungkin masalah dalam mengurusi anak.

Memanfaatkan manajemen stress sebagai cara mengatasi stress

Satu hal yang perlu anda garis bawahi bahwa pada dasarnya ketika anda mengalami stress itu adalah proses pendewasaan diri karena anda sedang menghadapi sebuah tantangan hidup yang harus anda lalui percaya ataupun tidak kedewasaan anda dinilai sejauh mana anda dapat menyelesaikan masalah, yah begitulah dinamika hidup (ha.ha..ha.. dinamika hidup ! bisa yah ngomong gitu :p) just say welcome the problem tapi jangan menjadikan dinamika hidup sebagai alasan untuk melakukan hal-hal yang hanya akan menambah masalah bahkan lebih jauh anda menghalalkan segala cara untuk menyelesaikan masalah padahal tanpa disadari anda hanya lari dari permasalah dan tanpa disadari telah melakukan  cara menghilangkan stress yang salah.

Stress adalah proses pendewasaan diri karena anda sedang menghadapi sebuah tantangan hidup berupa tuntutan, peluang dan masalah hidup tingkat lanjut (next level) yang harus anda lalui,  percaya ataupun tidak kedewasaan anda dinilai sejauh mana anda dapat menyelesaikan masalah dengan baik ~ AL

Jika hidup Anda diliputi perasaan stres maka ada beberapa hal sederhana yang merupakan cara mengatasi stress dan dapat segera anda lakukan,  jangan sampai pengaruh stres menyiksa hidup anda dan menyebabkan frustrasi sehingga mudah marah, cemas, konflik, dan merasa  tertekan untuk itu anda perlu mengontrol pikiran anda dan tak menjadikan masalah menjadi beban pikiran sebagai cara mengatasi stress yang paling mudah

Cara menghilangkan stress dengan mudah :

cara menghilangkan stress cara mengatasi stress

cara menghilangkan stress – cara mengatasi stress dengan mudah

  1. Perbanyaklah berdzikir dan berdoa, memohonlah kepada-Nya agar diberikan jalan keluar terbaik dari masalah yang kita hadapi. Memintalah kepada-Nya  dengan segala kerendahan hati karena Tuhanlah sebaik-baiknya pemberi jalan keluar
  2. Milikilah pandangan positif terhadap diri anda dan berupaya menahan diri dari pikiran negatif sehingga akan membantu untuk berpikir jernih dan objektif  dalam mengambil keputusan dan bergaullah dengan orang-orang yang berfikir positif
  3. Istirahat yang cukup jangan sampai ada kekurangan tidur karena denga tidur yang cukup akan membantu Anda merasa segar dan menjadi produktif terhadap pekerjaan Anda dan tanggung jawab. Ini akan membantu membersihkan pikiran dan objektif  dalam menganalisa sebuah masalah.
  4. Cobalah untuk relaksasi dengan melakukan hobby anda seperti mendengar musik, menonton film, membaca, melukis, bercanda dengan teman-teman dan apapun yang dapat membantu menenangkan anda dan memberi suasana hati yang kondusif.
  5. Cobalah untuk berbagi pemikiran dengan orang-orang yang anda percayai (curhat gitu lho) yang netral dalam melihat permasalahan sehingga anda dapat mendapatkan saran, nasehat yang orisinil tanpa tanpa dipengaruhi ego dan kepentingan
  6. Rendah hatilah dan jujurlah pada diri anda sendiri agar anda dapat dengan mudah melihat kesalahan yang telah anda lakukan sehingga dapat mengevaluasi diri untuk mengambil langkah yang lebih baik dari sebelumnya.
  7. Jika anda terpaksa berada dalam kondisi yang dapat membuat anda emosi dan marah sebaiknya anda diam, mengatur nafas daripada anda berbicara dalam keadaan emosi. Ingat .. Kondisi emosi akan membuat lidah bergerak lebih cepat dari otak sehingga memungkinkan anda berbicara diluar kontrol dan menambah masalah-masalah baru disekitar anda yang pada akhirnya akan menambah beban stress anda.
  8. Nih yang terakhir dan paling mudah bikin hidupmu lebih hidup tanpa harus mengganggu kehidupan orang lain apalagi sampai merugikan yang lainnya.

*** semoga cara mengatasi stress / cara menghilangkan stress ini bermanfaat.

Comments

  1. adakah masalah stres boleh menyebabkan mata berasa panas,sakit dan bewarna merah?

  2. Gmna cara manajemen stress agar lbh berdampak positif pada kehidupan kita

  3. libratama.com says:

    menghilangkan rasa stress itu tidak mudah dan ini ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan stress/mengatasi stress..

    1.relaksasi
    2.olah raga
    3.bersikaplah tegas dan punya prinsip
    4.curhat
    5.dan jalan atau rekreasi

  4. Banyak orang mengatakan bahwa masalah itu adalah tantangan hidup,,,!!
    Nah bagaimana jika masalah yang datang silih berganti tanpa henti,apa itu juga dinamakan tantangan,,,???

  5. aq mw bertnya,, apakah salh jika qt diam n menanggung masalh itu n tak mw cerita..karena aq tak mw melibatkan orng lain dalam masalah ku,, ttp mereka malah benci ma kita,,???
    Bagaima tu jadinya??

  6. BukanSiapa2 says:

    moga-moga dgn baca tulisan dan sarannya, ane bener2 bisa ngilangin stress ini….
    makasih buat postnya, bener2 “made my day”…..

  7. Jalani hidup ini dengan semangat dan keyakinan
    Dan harus tetap berusaha dan fokus

  8. yuli fauziyah says:

    saya pusing mau menghadapi un, saya sangat stres.
    gmana upayanya?

Speak Your Mind

*