Penyakit Asma

Pengertian Penyakit Asma

Penyakit asma / asthma adalah suatu keadaan dimana saluran nafas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu sehingga menimbulkan peradangan dan penyempitan pada saluran pernafasan ( bronkial / bronchial). Meskipun peyempitan ini bersifat sementara namun bagi orang yang terkena serangan asma akan mengalami sesak nafas yang berulang disertai dengan dengan nafas yang berbunyi, batuk terutama pada malam hari karena otot-otot polos ranting-ranting tenggorok dalam kondisi mengejang sehingga butuh penanganan khusus bagi penderita yang terkena serangan asma.

Penyakit Asma

penyakit asma

Suatu serangan asma dapat terjadi secara tiba-tiba ditandai dengan nafas yang berbunyi seperti  mengi, bengek, batuk dan sesak nafas. Bunyi mengi terdengar ketika penderita menghembuskan nafasnya. serangan asma terjadi secara perlahan dengan gejala yang secara bertahap juga akan semakin memburuk jika tidak segera dilakukan tindakan pengobatan.

Ada banyak faktor yang merupakan penyebab penyakit asma seperti  faktor atopi atau alergi dimana pemicunya dapat berupa debu rumah dengan tungaunya, bulu binatang, asap rokok, asap obat nyamuk, dan lain-lain.

Penyakit Asma Bronkial

Penyakit Asma terdiri dari beberapa jenis asma namun kebanyakan orang awam lebih mengenal asma pada jenis bronkial karena memang jenis asma inilah yang paling banyak penderitanya. Asma bronkial sendiri merupakan asma (sesak nafas) yang muncul akibat penyempitan saluran pernafasan.

Asma bronkial ditandai dengan  meningkatnya respon bronkus terhadap berbagai rangsangan dengan manifestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas dan frekwensinya  dapat berubah-ubah baik secara spontan maupun secara bertahap yang dapat terjadi sewaktu-waktu

Penyakit asma bronkial ini merupakan salah satu penyakit kronik (menahun) dengan pasien terbanyak di dunia. diperkirakan 300 juta orang di dunia menderita asma jenis ini. Angka ini akan jauh lebih besar jika kriteria diagnosanya diperlonggar. Bahkan tahun ini paling tidak ada tambahan sekitar 100 juta pasien asma lagi. Di Indonesia, diperkirakan sampai 10 persen penduduk (sekitar 12 juta orang ) mengidap dalam berbagai jenis penyakit asma

Speak Your Mind

*