Pengertian kehamilan

Apa definisi dan pengertian kehamilan ?

Memang, menjelaskan pengertian kehamilan terkadang sulit terutama bagi masyarakat yang tergolong awam. Secara sederhana, kehamilan merupakan definisi ketika seorang wanita mengandung bayi dalam perutnya. Namun, kita mungkin masih bertanya-tanya apa sebenarnya pengertian kehamilan secara lebih jelas. Untuk mendapatkan jawabannya, mari kita simak ulasan berikut ini!

Mengenal Pengertian Kehamilan Lebih Rinci

Ada berbagai pernyataan yang menjelaskan mengenai pengertian kehamilan. Meskipun kelihatannya berbeda, namun sebenarnya ada kemiripan di antara pendapat-pendapat tersebut. Berikut ini beberapa pandangan yang mengemukakan mengenai defenisi dan pengertian kehamilan.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional
Pernyataan BKKBN menyimpulkan bahwa kehamilan merupakan proses yang berawal dari sel telur yang sudah matang dan keluar melalui saluran telur sehingga bersatu dengan sperma dan membentuk pertumbuhan sel baru. Proses pertumbuhan ini berlangsung hingga menjadi bayi yang dilahirkan.
Wikipedia
Berdasarkan sumber Wikipedia, masa kehamilan merupakan waktu ketika seorang wanita membawa fetus atau embrio di dalam tubuhnya. Pada kehamilan ini sendiri, bisa saja terjadi banyak gestasi, seperti janin kembar atau bahkan kembar tiga yang disebut juga dengan triplet. Masa kehamilan pada manusia berlangsung dalam kurun waktu 40 minggu jika dihitung sejak menstruasi terakhir hingga melahirkan dan berlangsung selama 38 minggu jika dihitung sejak pembuahan terjadi.
Para Ahli
Pengertian kehamilan yang ketiga adalah defenisi yang dikemukakan oleh para ahli. Salah satu ahli menyatakan bahwa kehamilan merupakan proses ketika sel sperma dapat menembus ovum dan menimbulkan konsepsi hingga menghasilkan pembuahan terhadap sel telur. Proses kehamilan berlangsung hingga janin lahir, terhitung sejak menstruasi terakhir pada kehamilan normal. Dalam hitungan hari dinyatakan selama 280 hari, atau hitungan bulan adalah 9 bulan.

Jika diteliti, ketiga pernyataan di atas tentulah memiliki konsep yang sama. Kehamilan merupakan saat di mana seorang wanita mengandung embrio dan membawanya di dalam rahim. Masa kehamilan terhitung sejak terjadinya pembentukan embrio tersebut hingga saat kelahirannya. Secara lebih rinci, pengertian kehamilan disimpulkan dalam pernyataan berikut ini.

pengertian kehamilanMasa kehamilan adalah suatu hasil dari konsepsi yang terjadi antara spermatozoa dan ovum dan menimbulkan nidasi dari hasil konsepsi tersebut. Secara normal, masa kehamilan memiliki jangka waktu 280 hari atau 9 bulan lebih 7 hari. Namun, beberapa wanita mungkin memiliki jangka waktu masa kehamilan yang lebih atau kurang terhitung sejak masa pembuahan (ovulasi) hingga proses kelahiran (partus).

Kehamilan ini sendiri umumnya dibagi menjadi 3 bagian waktu berdasarkan proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Pembagian tersebut yaitu triwulan pertama yang berlangsung sejak konsepsi hingga usia kandungan 3 bulan, triwulan kedua yang berlangsung mulai bulan ke 4 hingga ke 6, dan triwulan ketiga yang dimulai sejak bulan ke 7 hingga usia kandungan 9 bulan.

Secara umum, terjadinya kehamilan ditandai dengan siklus menstruasi yang terlambat. Jika seorang wanita yang telah melakukan hubungan seksual mendapati dirinya tidak mendapat haid pada waktunya, maka wanita dapat memperkirakan bahwa dirinya hamil. Oleh sebab itu, wanita hendaknya selalu memeriksa siklus menstruasi mereka, agar pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan sedini mungkin untuk menghindari agarnya ganguan kehamilan.

Pengertian kehamilan ini sangat penting diketahui terutana bagi wanita yang sudah menikah agar mereka dapat menjaga kehamilan dan mencegah terjadinya keguguran di awal masa kehamilan. Selama masa kehamilan, seorang ibu diharuskan lebih berhati-hati dalam memilih makanan dan menjauhi aktifitas yang berbahaya bagi janin yang dikandungnya. Baik suami maupun istri harus bekerja sama dalam menjaga calon buah hati mereka!

Speak Your Mind

*