Pantangan Ibu Hamil

Pantangan ibu hamil yang perlu diperhatikan

Masa-masa awal kehamilan adalah masa yang cukup rentan mengalami keguguran dan gangguan lain yang tidak diinginkan. Agar menjaga kehamilan tetap berjalan lancar hingga proses kelahiran, ibu hamil perlu memperhatikan sejumlah anjuran yang diberikan, termasuk mengindahkan pantangan ibu hamil. Ada beberapa pantangan ibu hamil yang memiliki resiko cukup besar terhadap janin jika diabaikan begitu saja. Apa saja pantangan tersebut dan mengapa perlu dihindari ?pantangan Ibu hamil

Pantangan ibu hamil dan pengaruhnya terhadap janin

Rokok

Rokok sebisa mungkin dijauhkan, termasuk juga tidak menjadi perokok pasif. Kandungan nikotin pada rokok dapat memicu kelahiran prematur, penyakit kanker, dan bahkan keguguran pada bayi.
Radiasi
Mendapat radiasi untuk waktu yang cukup lama dapat memberikan efek buruk terhadap perkembangan janin. Hindari radiasi misalnya dengan tidak melakukan foto rongent.
Kosmetik Mengandung Merkuri dan Hidroquinon
Kedua zat kimia ini sangat berbahaya bagi janin, menghambat pertumbuhan janin dan merusak perkembangan sel, bahkan dapat mengakibatkan kematian. Pilihlah kosmetik yang berbahan alami yang sudah terbukti aman dan terpercaya. Lebih penting mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.
Makanan Mentah
Baik produk nabati maupun hewani, jika masih dalam kondisi mentah, sangat berbahaya untuk dikonsumsi terutama saat hamil. Makanan seperti sosis, steak, atau makanan mentah lainnya merupakan pantangan ibu hamil. Makanan demikian dapat mengandung rubella, cytomegalovirus, atau juga toksoplasmosis yang mengakibatkan cacat janin.
Alkohol
Pantangan ibu hamil selanjutnya adalah alkohol. Mengapa? Alkohol menimbulkan resiko cacat pada wajah bayi, mempengaruhi kondisi mental, menurunkan IQ, dan menyebabkan anak berprilaku agresif ketika lahir. Jadi, sangatlah penting untuk bertanya kepada dokter sebelum Anda memutuskan untuk meminum alkohol.
Diet
Pantangan ibu hamil untuk berdiet berlaku pada masa awal kehamilan. Kehamilan muda adalah saat penting dalam pembentukan organ-organ penting pada janin. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh terlalu menjaga berat badan yang justru dapat menghambat perkembangan janin. Misalnya, diet bisa menyebabkan kekurangan karbohidrat yang memicu janin tidak bertumbuh dan kerdil. Diet juga bisa mengakibatkan kekurangan yodium yang berujung pada kretinisme.
Obat-obatan
Jika ibu mengalami keluhan yang mengganggu, jangan terlalu cepat untuk mengkonsumsi berbagai obat-obatan, misalnya pada saat pusing, muntah, sembelit, atau keluhan lainnya. Keluhan ibu hamil sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau bidan karena bisa jadi kandungan yang terdapat pada obat sakit kepala atau obat untuk melancarkan pencernaan ternyata beresiko besar terhadap kandungan.
Stres
Stres juga merupakan pantangan ibu hamil. Stres dapat mengakibatkan keguguran atau paling tidak mempengaruhi kondisi mental pada bayi.
Olahraga Berat
Jangan pernah melakukan olahraga berat selama masa kehamilan. Tundalah untuk melakukan rekreasi berselancar, melakukan terjun payung, panjat tebing, arung jeram, dan aktifitas lain yang beresiko. Goncangan terhadap janin akan berakibat fatal pada ibu dan anak. Begitu pula, ibu tidak boleh melakukan kegiatan terlalu banyak. bahkan dalam urusan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci, membersihkan rumah, dan mengangkat beban berat. Ibu hamil harus mendapat istirahat yang cukup dan tidak boleh terlalu lelah.
Kafein
Kebiasaan mengkonsumsi kafein, misalnya melalui makanan atau minuman, harus dikurangi. Kandungan ini dapat menganggu penyerapan zat besi pada janin dan menimbulkan masalah pernapasan. Hal ini dapat berujung pada anemia dan fetal distres.

Tidak lupa, makanan yang mengandung MSG dan formalin juga termasuk pantangan ibu hamil. Sebaiknya konsumsi makanan yang dimasak sendiri ketimbang membeli jajanan di luar yang belum tentu terjaga kebersihan dan keamanannya. Ya, masa kehamilan adalah masa yang penuh tanggung jawab terutama di pihak ibu.

Speak Your Mind

*