Mitos Ibu Hamil

Menguak Kebenaran Mitos Ibu Hamil

mitos ibu hamilYang menikah pasti sangat menanti-nantikan anak. Ketika ibu hamil tidak pelak semua anggota keluarga akan memberi nasehat mengenai apa yang bisa dimakan dan sangat dianjurkan atau apa yang tidak bisa dimakan. Selain itu pantangan apa yang dilakukan dan apa yang tidak bisa dilakukan pun selalu dijelaskan. Ini adalah bentuk kepedulian terhadap sang ibu hamil tersebut agar bayinya lahir sehat, pintar dan cantik / tampan. Namun tidak semua tentunya apa yang dikatakan adalah fakta dan sesuai anjuran medis, malah bisa saja hanya mitos ibu hamil.

Untuk itu, kita harus pintar memilah-milah dan cross-check kebenaran mitos ibu hamil tersebut. Jika tidak malah bahkan bisa berbahaya pada kandungan nantinya. Oleh karena itu, mari kita simak beberapa mitos ibu hamil yang sering diujarkan:

  1. Ketika hamil harus makan dua kali lipat lebih banyak. Fakta: Anda ya harus memang memenuhi makan bukan hanya lagi Anda tetapi sang bayi, tetapi harus memperhatikan nutrisi yang seimbang juga. Tidak boleh berlebihan juga karena hanya akan menyulitkan proses persalinan Anda nantinya.
  2. Tidak boleh makan buah nanas, pisang ambon dan durian. Fakta: Anda boleh makan semua buah tetapi dengan catatan tidak berlebihan. Jika memang terjadi gangguan ketika Anda mengonsumsi buah-buah tersebut, itu artinya Anda memang tidak sedang fit atau alergi terhadap buah tersebut.
  3. Perut yang condong ke arah bawah berarti ibu sedang mengandung anak laki-laki. Fakta: Ungkapan ini sering diujarkan oleh wanita yang pernah hamil. Namun bentuk perut tidak mempengaruhi jenis kelamin bayi melainkan dipengaruhi oleh berat badan, tinggi dan faktor genetika. Jika memang ingin tahu jenis kelamin bayi maka minta bantuan dokter saja lewat USG.
  4. Tidak boleh berhubungan seks ketika hamil. Fakta: Anda masih boleh berhubungan seks ketika hamil asal kehamilan memang tidak sedang bermasalah. Namun memang ada wanita yang tidak bisa merasakan seks pada saat hamil, tetapi ada wanita yang justru mengalami lonjakan hasrat seks yang tinggi karena perubahan hormon dan sensasi pada area miss V mereka. Untuk itu jangan malu berkonsultasi pada dokter kandungan Anda.
  5. Minum air es akan membuat janin besar. Fakta: Air apakah dengan atau tanpa es tidak punya nilai gizi atau energi, maka dari itu tidak berpengaruh terhadap peningkatan berat badan serta janin Anda.
  6. Meminum air kelapa akan mempercepat persalinan. Fakta: Belum ada penelitian terkait hal tersebut yang dapat membuktikan kebenarannya. Jika memang setelah minum air kelapa, Anda melahirkan lancar. Namun bisa saja memang janin sudah menunjukkan tanda-tanda persalinan.
  7. Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi daging kambing karena bisa berbahaya terhadap kondisi janin. Fakta: Jika ibu hamil memang tidak punya riwayat penyakit jantung dan kolesterol maka menyantap daging kambing dalam porsi wajar tidak masalah. Namun yang berbahaya adalah bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol.

Nah, mungkin Anda ada mendengar mitos ibu hamil lainnya? Saran yang paling bagus adalah cross-check kebenaran ucapan tersebut terlebih dahulu. Cara yang paling baik adalah berkonsultasilah pada dokter kandungan Anda secara rutin dan teratur. Hal ini akan membantu Anda tahu apa pantangan dan saran-saran baik seputar kehamilan Anda.

Bagaimanapun antara ibu hamil yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda-beda ‘kan? Yang cocok dan tidak cocok pada ibu hamil yang satu tentu bisa berbeda dengan Anda. Selamat menikmati kehamilan Anda dan menjadi seorang ibu!

Speak Your Mind

*