Manfaat madu untuk ibu hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil dan khasiatnya bagi janin

Khasiat madu memang sudah terkenal sejak lama. Madu bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak. Pada anak-anak, madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena berguna dalam melancarkan dan memperbaiki pencernaan mengingat anak-anak cenderung mengalami gangguan saluran cerna. Madu terbukti cukup efektif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Oleh sebab itu, banyak keluarga yang selalu menyediakan madu di rumah mereka.

Ya, madu memang sangat bermanfaat terlebih lagi pada wanita yang sedang hamil. Mengingat madu berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, maka seorang ibu hamil pastilah membutuhkan konsumsi madu demi menjaga kesehatan dirinya sendiri dan terutama janin yang dikandung. Masa-masa kehamilan memang membutuhkan lebih banyak nutrisi dibanding sebelumnya. Mengapa madu begitu bermanfaat bagi ibu hamil ? Apa saja kandungan yang terdapat di dalam madu? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab melalui artikel manfaat madu untuk ibu hamil berikut ini!

Berbagai manfaat madu untuk ibu hamil

Madu sering dijadikan sebagai pemanis dalam berbagai makanan dan minuman. Ternyata, selain untuk menambah rasa manis, bahan alami ini memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Vitamin yang terdapat di dalam madu antara lain adalah niasin, riboflavin, piridoksin, thiamin, asam askorba, dan asam pantotenat. Madu juga mengandung zat gula seperti fruktosa dan glukosa. Selain itu, madu mengandung beberapa jenis mineral, yakni natrium, zat besi, kalium, phosphor, kalsium, sulfut, magnesium, dan mangan. Ada pula kandungan asam amino pada madu.

Manfaat madu untuk ibu hamil adalah karena ibu membutuhkan asam folat untuk menjaga perkembangan janin tetap sehat dan normal. Asam folat mencegah janin yang dikandung lahir prematur atau mengalami cacat lainnya. Asam folat juga baik untuk perkembangan otak janin. Mari kita simak manfaat madu untuk ibu hamil secara lebih jelas!

Meningkatkan Nafsu Makan Ibu Hamil
Selama masa hamil, kebanyakan ibu cenderung kehilangan nafsu makan. Padahal, ibu justru harus mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya agar makanan tersebut juga mencukupi kebutuhan janin. Untuk mengatasi hal ini, manfaat madu untuk ibu hamil sangat berperan dalam menambah nafsu makan. Ibu hamil dianjurkan untuk minum madu secara rutin.
Mengatasi Perasaan Mual
Perasaan mual memang sangat umum dialami oleh ibu hamil terutama pada masa awal kehamilan. Namun, perasaan mual itu jugalah yang menjadi keluhan yang dapat mengganggu perkembangan janin karena para ibu bisa saja memuntahkan apapun makanan yang mereka makan. Mengkonsumsi madu dipercaya dapat mengurangi rasa mual dan dapat diminum bersama air putih sehingga ibu dan janin tetap mendapat nutrisi yang diperlukan.
Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kita sudah mengetahui bahwa madu bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh dalam memerangi penyakit. Manfaat yang sama juga berlaku pada ibu hamil. Jadi, manfaat madu untuk ibu hamil yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan karena janin membutuhkan perlindungan ekstra terutama di awal kehamilan yang rentan mengalami gangguan.
Mencegah Janin Mengalami Keracunan
Secara tidak sengaja, beberapa makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu mungkin saja tidak baik bagi janin dan bahkan berbahaya. Madu sangat berguna dalam melindungi janin agar tidak keracunan dan terhindar dari gangguan serius.
Mengatasi Rasa Panas Pada Perut
Keluhan yang juga disebut dengan istilah heartbur ini cukup biasa dialami ibu hamil, di mana ibu merasakan panas dalam perutnya. Keluhan akibat pengaruh hormon ini dapat dikurangi dengan minum madu.
Membantu Kelancaran Saat Melahirkan
Tidak kalah penting, kandungan prostagelandine pada madu dapat membantu proses kelahiran karena kandungan tersebut mampu memperlebar leher rahim dan membantu kontraksi rahim.

Tentu manfaat madu untuk ibu hamil di atas tidak ingin dilewatkan begitu saja oleh para ibu. Oleh sebab itu, konsumsilah madu sejak dini terutama bagi ibu yang sedang mengandung buah hatinya!

Speak Your Mind

*