Manfaat Buah Pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan

Buah pisang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bukan hanya manis, tetapi kandungan vitamin dan mineral penting buah ini mengandung berbagai zat penting seperti kalium, kalsium, zink, magnesium, fosfor dan vitamin, yaitu C, B kompleks, dan B6.

Peran setiap zat merupakan kebutuhan pokok yang penting bagi tubuh kita tentunya. Manfaat buah pisang bagi kesehatan sangat banyak sekali, itulah alasan mengapa kamu harus mengkonsumsi buah ini. Karena kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan beragam maka akan banyak pula manfaat yang akan diperoleh jika kita mengkonsumsi buah yang satu ini.

Berikut adalah beberapa manfaat buah pisang yang perlu anda ketahui.

  • Pisang sangat baik untuk jantung dan saraf : Pisang mengandung dosis tinggi akan potasium  yaitu bahan yang penting untuk menjaga hati dan sistem saraf agar selalu dalam kondisi yang baik. Kalium sangat penting untuk kontraksi otot yang tepat dan karenanya memainkan peran penting dalam otot-dipengaruhi kegiatan termasuk: ritmis yang biasa memompa jantung, pencernaan, beberapa gerakan otot, dll
  • Pisang baik untuk ginjal dan tulang : Manfaat pisang bagi ginjal dan tulang tertera pada kandungan potassium yang tinggi pada pisang. Asupan normal kalium menekan ekskresi kalsium dalam urin dan meminimalkan risiko batu ginjal. Dan juga, untuk alasan yang sama (menekan ekskresi kalsium), itu meminimalkan hilangnya kalsium dari tubuh dan dengan demikian mengurangi risiko osteoporosis
  • Pisang dapat bertindak sebagai peningkat mood positif atau obat penenang yang ringan : Pisang mengandung tryptophan (meskipun tidak salah satu sumber utama, media masih mengandung sekitar 10,6 mg triptofan). Triptofan adalah salah satu dari 20 asam amino yang membangun protein. Tryptophan membantu tubuh untuk memproduksi serotonin yang memiliki efek menenangkan pada otak.
  • Pisang baik untuk darah Anda : Pisang adalah salah satu sumber vitamin alami tertinggi. Vitamin yang terkandung dalam pisang yaitu: Vitamin B6 berperan penting dalam mengkonversi triptofan serotonin dan juga membantu tubuh untuk membuat hemoglobin yang tentunya penting sebagai bahan darah Anda. Vitamin B6 juga penting untuk produksi antibodi dan mempertahankan respon kekebalan tubuh yang sehat. Hal ini juga membantu untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa dan dengan demikian mempertahankan kadar gula darah yang tepat.
  • Pisang merupakan sumber serat yang baik : kandungan serat yang tinggi pada buah pisang dapat memabntu mengurangi kemungkinan terserang penyakit jantung koroner dan diabetes tipe 2.
  • Pisang juga mempunyai kegunaan untuk kamu yang ingin berhenti merokok. Kandungan pisang seperti vitamin A, C, B6, B12, kalium dan kalsium dapat membantu anda untuk mengurangi racun nikotin yang terdapat dalam tubuh anda.
  • Bagi anda calon ibu, pisang juga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang janin anda : Kandungan pisang  seperti asam folat dan kalori yang tinggi. Konsumsilah secara beraturan untuk mendapatkan yang terbaik untuk janin anda.
  • Kesehatan mata : Dengan mengonsumsi pisang sebanyak 3 buah setiap harinya maka dapat membantu anda untuk mengurangi resiko terkena rabun senja atau degenerasi macula.

Berbagai manfaat telah dijelaskan jika kita mengonsumsi buah pisang. Semua zat-zat penting yang terkandung dalam buah pisang pun akan sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Jadi mulailah untuk mengonsumsi buah pisang agar kebutuhan vitamin, kalium, kalsium, magnesium, zink, fosfor dan zat-zat penting lainnya bisa memberikan kesehatn yang baik bagi tubuh kamu. Selamat mencoba kawan.

Speak Your Mind

*