Macam Macam Penyakit Tulang

Ada banyak jenis penyakit tulang termasuk peradangan persendian, tumor dan beberapa diantaranya termasuk penyakit degeneratif dalam kategori silence disease / penyakit diam-diam karena gejala terhadap penyakit ini tidak terasa atau tampak nyata bagi orang yang mulai mengalaminya dan secara tidak langsung dapat menyebabkan beragam hal yang dapat membuat seseorang meninggal dunia.

Dalam berbagai kasus penyakit tulang yang paling sering dijumpai adalah Tulang keropos / osteoporosis yang dapat mengakibatkan patah tulang yang membuat seseorang harus selalu dalam keadaan posisi berbaring sehingga pembuangan kotoran di saluran pernafasannya terganggu dan terjadilah infeksi paru-paru yang menyebabkan orang tersebut meninggal. Berdasarkan dari sejumlah penelitian bahwa risiko kematian bagi orang yang menderita penyakit tulang keropos sama dengan orang yang menderita kanker payudara bahkan jumlah penderitanya lebih banyak dari orang yang menderita kanker rahim.

Penyebab penyakit tulang

Macam-macam penyakit tulang sangat beragam dan tentunya penyebabnya juga pasti bervariasi

  • Kelainan bawaan, misal:osteogenesis imperfecta, sindrom marfan, sindrom Aperts, dll
  • Radang/inflamasi, baik yang spesifik seperti osteomielitis TBC, osteomielitis sypilis, maupun yang non spesifik.
  • Trauma, berbagai macam patah tulang akibat kecelakaan dan sebagainya.
  • tumor, berbagai tumor jinak dan ganas, primer dan sekunder termasuk dalam dalam golongan ini.
  • Degeneratif. Kelainan ini bisa primer akibat proses menua, atau sekunder akibat kelainan tulang yang lain. Contoh: low back pain, cervical pain, neck shoulder arm syndrom, dll
  • Lain-lain. Termasuk di sini penyakit yang tidak dapat digolongkan dalam kategori di atas, seperti avitaminosis, kelainan metabolik (seperti kelainan tulang pada hiperparatiroid, dll), kelainan tulang yang belum diketahui sebabnya

Jenis penyakit tulang yang paling sering dijumpai :

  • Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang rapuh karena tingkat kepadatan tulang menurun sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah. Umumnya osteoporisis disebabkan karena kekurangan asupan kalsium pada tulang
  • Artritis adalah radang sendi yang memberikan rasa sakit dan terkadang terjadi perubahan posisi tulang. Salah satu contoh artritis yang terkenal adalah rematik.
  • Ankilosis adalah gangguan pada sendi di menyababkan sendi tidak dapat digerakkan di mana ujung-ujung antar tulang serasa bersatu
  • Osteomalacia :  Penyakit ini mengakibatkan tulang menjadi lunglai diakibatkan kekurangan, vitamin D atau kesalahan metabolisme di dalam tubuh. Sama halnya dengan osteoporosis, osteomalacia juga berpotensi membuat tulang cepat patah.
  • Rickets sering dialami oleh anak-anak yang sedang tumbuh. Formasi tulang pada penderita rickets abnormal, yaitu terjadi penumpukan kalsium di dalam tulang karena terlalu banyak mengonsumsi susu berkalsium atau akibat radiasi sinar matahari.
  • Rakitis adalah penyakit tulang yang terjadi akibat kurang vitamin D sehingga umumnya menyebabkan bentuk tulang kaki bengkok membentuk huruf O atau X.

Gambar macam-macam penyakit tulang

jenis penyakit tulang

gambar macam-macam jenis penyakit tulang


**** Source : dari berbagai sumber, Smoga artikel tentang macam-macam penyakit tulang ini bermanfaat

 

Speak Your Mind

*