Jenis Ikan Arwana Super Red dan Cara Budidaya

Jenis Ikan Arwana

Sebagian besar orang pasti sudah mengenal ikan arwana yang memang sudah sangat popular hingga Tukul Arwana pun menyusul kepopulerannya..he..he..  Ikan hias ini harganya tergolong mahal tapi bagi pecinta Arwana harga tentunya bukan masalah karena ini masalah kepuasan dan kebanggaan tersendiri jika memilik ikan hias ini. Bentuk ikan arwana super red sangat indah dan mempesona.

Bentuk tubuhnya yang unik dan warna sisiknya yang merah menyala, membuat ikan ini banyak dikoleksi karena diyakini sebagai pembawa keberuntungan Melihat dari gambar ikan arwana saja sudah terlihat indah apalagi jika melihat langsung di aquarium, ikan  ini memiliki bentuk dan penampilan cantik serta unik. Tubuhnya memanjang, ramping dan gerakan renangnya sangat anggun. Ikan hias arwana memiliki hiasan berupa sungut pada mulut yang berfungsi sebagai sensor getaran untuk mengetahui posisi mangsa di permukaan air, dan sisik besar teratur. Ikan ini berukuran besar dan kadang bersifat agresif.

Ikan Arwana super red

Gambar ikan arwana super-red

Dalam aquarium panjang ikan arwana bisa mencapai antara 45-60 cm, sedangkan di alam bisa mencapai sekitar 90 cm, bahkan jenis tertentu arwana asal amerika selatan bisa mencapai sekitar 270 cm. Tidak heran bila ikan ini telah di budidaya di banyak tempat dan mendapat julukan dragon fish alias ikan naga yang menurut mitos China dipercaya sebagai ikan pembawa keberuntungan. Maka tak heran, banyak pula orang yang memburu ikan ini untuk melancarkan rezeki.

Ada beberapa jenis ikan arwana, seperti silver ,  golden dan super red. Di antara ketiga jenis itu, nama super red arwana menduduki peringkat teratas dan paling digemari.

Budidaya ikan arwana super red

Ikan arwana super red adalah salah satu jenis ikan hias arwana yang tergolong  langka dengan habitat asli di Banjar – Kalimantan dan Irian – Papua. Namun karena banyaknya pecinta jenis ikan arwana ini maka tak heran budidaya arwana ini berkembang di Kranggan, Bekasi, Jawa Barat. Habitat asli ikan-arwana super red di Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Namun ikan ini telah banyak dibudidayakan. Salah satu lokasi budidayanya terdapat di Kranggan, Bekasi, Jawa Barat tepatnya di desa Jati Raden dan dikelola diatas lahan seluas 4 ribu meter persegi. Terdapat 3 kolam budidaya dengan ukuran 10 X 30 meter dengan puluhan induk ikan arwana super red yang berusia 8 hingga 10 tahun.

Cara memelihara ikan arwana super red

Untuk menjaga agar induk ikan tetap sehat maka hindari agar jangan sampai air kolam budidaya tidak jernih untuk itu kondisi air kolam agar senantiasa dijaga kejernihannya supaya ikan arwana super red tidak mudah terserang penyakit. Pemberian makanan untuk indukan ikan ini perlu diperhatikan biasanya para petani memberi makan sekali sehari di waktu sore hari. Makanannyapun khusus karena untuk mengahsilkan ikan yang sehat diperlukan pakan yang kaya akan nutrisi seperti kodok dan ulat jerman. Ulat jerman diberikan untuk mengurangi kandungan lemak, agar tubuh arwana tidak kegemukan dan warna tetap berkilau Untuk persiapan budidaya ikan arwana super red ada beberapa hal yang diperlukan :

  • Usahakan agar kolam diberi pagar dan atap untuk memudahkan  ikan melangsungkan perkawinan tanpa gangguan sekitar lingkungan.
  • setelah arwana super red bertelur maka biarkan telur dierami oleh induk jantan. proses pengeraman biasanya berkisar 2 bulan atau sesuai kebutuhan
  • Anak ikan yang telah menetas kemudian dipindahkan ke akuarium incubator. Kondisi di akuarium ini disesuaikan dengan alam aslinya. Air dibuat memutar karena anakan ikan belum dapat berenang. Anakan ikan dijual setelah berusia 2 bulan dan telah pandai berenang.
  • Untuk pembesaran ikan pindahkan ke kolam permanent dan jaga agar kolam tetap aman dan terjaga dari gangguan dgn memberi pagar dan atap

Harga jual ikan arwana Super red

No Jumlah Ukuran Harga Keterangan
1 10 Ekor keatas 8 – 10 cm 2,75 Jt Komplit
2 20 Ekor Keatas 8 – 10 cm 2,65 Jt Komplit
3 10 Ekor keatas 20 – 25 cm 4,25 Jt Komplit
4 20 Ekor Keatas 20 – 25 cm 4 Jt Komplit

*** Harga sewaktu-waktu dapat berubah Bagi rekan-rekan yang tertarik silahkan Contact person di livia-blog.blogspot.com Author :  Livia Wulandari – ikan arwana

Comments

  1. Met mlm om
    Lam Kenal ,aqu Tertarik Ama Budidaya Arwana…
    Saya Minta Alamat Jelas Dan No Tlp / Hp.
    Makasih

Speak Your Mind

*