Gejala Kehamilan

10 Gejala kehamilan yang perlu anda diketahui

gejala kehamilanMereka yang menginginkan anak pastinya sangat tidak sabar untuk menantikan sang buah hati. Untuk itu gejala kehamilan pun selalu diperhatikan, khususnya minggu-minggu pertama. Ini pasti menjadi berita bahagia bagi si ibu, ayah dan seluruh anggota keluarga lainnya!

Tahukah Anda bahwa terlambat menstruasi bukan satu-satunya tanda gejala kehamilan. Ada banyak lagi tanda lainnya yang menunjukkan bahwa Anda benar-benar sedang hamil. Apa saja itu? Setidaknya ada beberapa gejala kehamilan awal yang akan dirasakan oleh (calon) ibu hamil antara lain:

1. Payudara membengkak
Payudara mulai membengkak sehingga tidak nyaman memakai bra yang sekarang. Kadang payudara terasa nyeri ketika disentuh dan warna areola menjadi lebih gelap.

2. Mual dan morning sickness
Yang paling akan sering dirasakan adalah ketika bangun pada pagi hari maka perut terasa mual dan ingin muntah. Kadang rasa mual bisa berlangsung sepanjang hari.

3. Sering lelah dan sakit kepala
Anda merasa lelah dan tiba-tiba mengeluh sakit kepala. Jika memang mau mengonsumsi obat untuk meredakan sakit kepala maka pilih yang memiliki kandungan acetaminophen. Ada pula yang merasa lelah hingga pingsan.

4. Sering buang air kecil
Kemungkinan besar Anda menjadi lebih sering ke kamar kecil daripada sebelum hamil. Ini dikarenakan adanya pembesaran pada rahim guna mengakomodasi pertumbuhan janin. Akibatnya ada sedikit pendorongan pada kandung kemih sehingga sering buang air kecil.

5. Pendarahan implantasi
Mirip dengan darah haid. Namun pendarahan ini dikarenakan proses penanaman telur pada rahim yang biasanya disebut sebagai Implantation Bleeding atau Pendarahan Implantasi yang ringan disertai rasa kram pada bagian perut.

6. Terjadi perubahan suasana hati
Biasanya pada awal minggu pertama kehamilan maka gejala kehamilan juga ditandai dengan perubahan suasana hati dramatis. Perubahan suasana hati tersebut bisa berupa mudah depresi, punya rasa cemas berlebihan dan bisa tiba-tiba merasa senang. Ini dikarenakan transisi drastis karena perubahan hormon di dalam tubuh wanita.

7. Lebih sering ‘buang gas’ pada minggu pertama adalah gejala kehamilan. Tetapi, Anda juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman tersebut dengan memperkaya konsumsi makanan mengandung serat dan mengurangi makanan yang pedas. Gejala ini bisa pula disertai sembelit.

8. Sakit punggung dan perut kram
Anda tidak punya masalah dengan punggung namun tiba-tiba sekarang merasa nyeri pada punggung bagian bawah. Jika memang benar hamil maka gangguan ini bisa menetap sampai saatnya melahirkan nanti. Rasa sakit pada punggung juga biasanya diikuti kram pada perut dan terasa kembung seperti sedang akan menstruasi.

9. Ngidam ataupun menolak makanan tertentu
Gejala kehamilan paling umum adalah tanpa alasan jelas Anda bisa sangat ingin makanan tertentu, padahal sebelumnya kemungkinan makanan tersebut bukanlah makanan favorit Anda. Ataupun bisa terjadi sebaliknya yakni Anda tiba-tiba menolak makanan tertentu yang bisa jadi favorit Anda selama ini.

10. Sensitif terhadap bau tertentu
Anda bisa menjadi tidak tahan pada segala macam bau atau aroma makanan tertentu. Bau tersebut bahkan bisa membuat Anda mual dan muntah.

Nah, setelah mengetahui dan merasakan beberapa ataupun ke-10 gejala kehamilan yang telah disebutkan tentu Anda tidak lupa untuk tes kehamilan. Anda bisa menguji kehamilan dengan test pack. Untuk mendapatkan jawaban lebih akurat lagi silakan datang ke dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan melalui USG. Pada pemeriksaan USG akan ditunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam rahim. Tugas Anda dan pasangan selanjutnya adalah menjaga janin tersebut hingga persalinan tiba nanti. Selamat!


Cara Cepat Hamil

Speak Your Mind

*