Cara Merawat Rambut

Bagaimana Cara Merawat Rambut yang benar ?

Untuk memilih perawatan rambut tidak boleh asal, cara merawat rambut yang baik didasarkan atas jenis rambut yang Anda miliki, gaya hidup anda dan bagaimana gaya rambut yang anda pilih.

Jenis rambut anda merupakan bagian dasar yang mesti anda pahami. Orang yang memiliki rambut yang kering, rambut keriting memiliki kebutuhan perawatan rambut yang berbeda dibandingkan orang dengan lurus, rambut halus. Tapi semua rambut perlu dirawat dengan lembut, terutama ketika rambut kita basah. Rambut basah dapat meregang, sehingga lebih rentan terhadap kerusakan ataupun kerusakan yang akan dialami kutikula. Itu sebabnya menggunakan hair dryer yang panas (atau berbagai produk style rambut yang memberikan efek atau perasaan panas merupakan hal yang mesti dihindari) pada rambut yang sangat basah sehingga dapat merusaknya.

Selama masa remaja, kelenjar sebasea mungkin menjadi terlalu aktif karena perubahan hormon selama masa pubertas, produksi minyak lebih dari yang dibutuhkan. Seperti jerawat, rambut berminyak biasanya merupakan bagian sementara dari pubertas.

Banyak remaja yang melakukan perawatan untuk rambut berminyak dengan mencucinya sekali sehari atau lebih jika mereka aktif. Selama Anda merawat rambut Anda dengan lembut ketika dalam keadaan basah, dan harus anda fahami bahwa sering mencuci rambut anda itu tidak membahayakannya. Jika Anda memiliki jerawat, itu ide yang baik untuk menjaga rambut di sekitar wajah Anda agar selalu dalam keadaan yang bersih sehingga minyak rambut tidak menutup pori.

Jika Anda mencuci rambut setiap hari atau lebih, mungkin lebih baik untuk memilih sampo ringan bukan sampo yang dirancang untuk rambut berminyak. Bagi sebagian orang terutama orang dengan rambut halus, rapuh, atau kombinasi (rambut yang berminyak pada mahkota namun kering di ujung) harus menemukan shampo untuk rambut berminyak bisa terlalu keras. Jika Anda memiliki rambut berminyak dan ingin menggunakan kondisioner, pilihlah yang terbuat untuk rambut berminyak.

Jika rambut Anda kering, itu ide yang baik untuk mencucinya lebih jarang. Beberapa orang hanya perlu mencuci rambut mereka seminggu sekali dan itu bagus. Banyak orang yang memiliki rambut keriting juga memiliki rambut kering. jenis rambut keriting dan kering biasanya lebih rapuh dari rambut lurus, sehingga Anda harus ekstra hati-hati tentang penggunaan produk perawatan rambut yang dapat mmeberikan efek panas pada rambut anda. Sampo yang dibuat khusus untuk rambut kering dan kondisioner rambut dapat membantu.

Tingkat aktivitas dan minat anda. Apakah Anda bermain dan berolahraga atau menghabiskan banyak waktu di pantai? Hal-hal seperti dapat mempengaruhi rambut Anda. Misalnya, jika Anda seorang atlet dengan rambut berminyak, Anda mungkin ingin mencuci rambut setelah bekerja sampai keringat membasahi rambut anda selama latihan dan permainan. Tapi jika Anda seorang penjaga pantai atau perenang, matahari dan air asin (atau klorin di air kolam) dapat mengeringkan rambut Anda, tidak peduli apa jenis rambut Anda. Jika Anda terkena sinar matahari, angin, atau elemen lain, Anda mungkin ingin menggunakan sampo yang dirancang untuk rambut kering atau menggunakan conditioner. Ini juga ide yang baik untuk memakai topi untuk melindungi rambut Anda ketika Anda berada di luar ruangan.

Gaya rambut anda. Produk atau gaya penataan rambut seperti pengeritingan dan pelurusan besi dapat mengeringkan rambut berminyak bahkan jika mereka digunakan terlalu banyak. Ikuti petunjuk dengan hati-hati, dan jangan gunakan pada rambut basah atau pengaturan tinggi, dan memberikan rambut Anda liburan dari styling sekali-sekali. Mintalah penata rambut Anda atau dokter kulit untuk rekomendasi untuk menggunakan produk penataan rambut yang benar dan baik untuk rambut anda, agar anda dapat melakukan cara merawat rambut yang sesuai rambut anda

Comments

  1. Wurtiwijayanti says:

    ”Assalam m” rambut sy dl subur &tebal,tp skrg nipis&slalu gugur,jenis rmbut sy lurus,dikulit kepala mcm slalu brminyak tp diujung rmbut kering,kegiatan shrian sy niaga &bw mobil sndiri jd pns,sy trbiasa cuci rmbut 2hr skali,krn tak thn gatal &lmbab di kulit kpla,mcm mn cr mgurangi keguguran.?&shampo apa yg cocok untk rmbt sy.?,wassalam..

  2. merawat rambut senantiasa dilakukan scara berkesinambungan agar mendapatkan hasil maksimal

Speak Your Mind

*